Berwisata adalah kegiatan hiburan yang biasa dilakukan oleh sebagian orang ke daerah atau tempat yang diinginkan. Tentunya dengan masing-masing tujuannya, seperti contoh untuk refreshing, mengisi liburan atau jalan jalan bersama keluarga. Ternyata ada beberapa jenis liburan atau pariwisata yang membutuhkan perlengkapan wisata memadai.

Sebagai contoh adalah wisata outdoor yang notabene seperti mendaki, camping. dan beberapa jenis lainnya. Artinya perlengkapan wisata tersebut memiliki harga yang tidak murah yang hanya digunakan saat membutuhkan saja.

Sebagai solusi biasanya, mereka lebih berpikir untuk melakukan sewa di tempat, tentunya dengan biaya yang cenderung murah dan tidak perlu untuk merawatnya. Nah, dari permasalahan tersebut menghasilkan sebuah peluang bisnis jasa sewa perlengkapan wisata.

Peminat wisata semakin hari semakin banyak, akan tetapi jasa penyewaan tentunya masih lebih sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah wisatawan. Dimana ini menjadi peluang bagi Anda untuk membuka jasa tersebut,

Tips Memulai Jasa Sewa Perlengkapan Wisata

Sebelum terjun ke dalam dunia bisnis wisata secara khusus, dan bisnis secara umum, maka Anda perlu memperbanyak referensi. Baik dari mereka yang telah berpengalaman banyak dalam bidang tersebut atau dari berbagai sumber offline maupun online.

Pada artikel ini mungkin akan memberikan Anda sedikit gambaran dan referensi yang bisa Anda jadikan salah satu sumber. Ada beberapa tips yang akan memberikan gambaran secara umum, apa saja yang perlu Anda siapkan untuk membuka jasa sewa perlengkapan wisata, khususnya adalah wisata outdoor.

1. Perluas Wawasan

Untuk membuka usaha dalam bidang tertentu, tentu Anda juga harus memiliki wawasan yang sedikit lebih banyak daripada yang lain. Terlebih hal ini Anda terapkan, apabila Anda juga memiliki hobi wisata dalam bidang outdoor tersebut.

Miliki wawasan yang cukup tentang jenis bisnis Anda. Sumber: unsplash.com
Miliki wawasan yang cukup tentang jenis bisnis Anda. Sumber: unsplash.com

Sehingga ketika Anda berwawasan lebih maka akan lebih mudah dalam melakukan inovasi perawatan trend terkini dan produk terbaik yang dibutuhkan oleh calon customer.

2. Lengkapi Display Peralatan

Salah satu kepercayaan orang dalam memilih dan menilai jasa penyewaan adalah dari banyaknya barang perlengkapan wisata yang Anda tawarkan. Selain lebih profesional, hal ini juga akan lebih memudahkan pelanggan karena tidak perlu mencari kelengkapan wisata ke tempat lain yang mana itu lebih ribet.

Oleh sebab itulah lengkapi produk yang utama khususnya seperti tenda, sepatu dan lainnya baru kemudian barang-barang pelengkap lainnya. Jangan khawatir, Anda bisa memulai jenis usaha ini sedikit demi sedikit, kecuali memang Anda punya modal yang siap.

3. Harga Tepat Sasaran

Dalam menetapkan harga ini merupakan salah satu perkara teknis. Dimana hal ini memerlukan perhitungan yang baik agar benar benar harga yang Anda terapkan itu tepat, baik bagi Anda sebagai pelaku bisnis dan juga customer. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika Anda menetapkan harga.

Fahami dengan baik strategi harga yang baik dan benar. Sumber: unsplash.com
Fahami dengan baik strategi harga yang baik dan benar. Sumber: unsplash.com
  • Perhatikan Harga Pasar
  • Sesuaikan dengan Modal
  • Biaya Maintenance
  • Resiko kehilangan

Beberapa pertimbangan secara umum tersebut, tentunya bisa Anda jadikan agar biaya modal Anda segera kembali. mau bagaimanapun, masalah harga meskipun terkadang sepele, tapi bagi sebagian pelanggan tetaplah menjadi hal utama dalam memilih sebuah jasa.

4. Buat SOP dan Alur yang Jelas

Adanya SOP atau alur kerja yang jelas tentu yang pertama akan lebih memudahkan Anda sebagai pengelola. Kemudian yang kedua juga akan lebih memudahkan pelanggan Anda tentunya, dengan catatan alurnya juga memudahkan calon pelanggan.

Sehingga ketika ada hal hal yang terjadi setelahnya Anda bisa meminta pertanggung jawaban dengan cenderung lebih mudah. Tentunya SOP atau alur kerja tersebut juga anda sampaikan atau sosialisasikan sejak awal dengan baik tentunya.

Anda bisa menyampaikan secara langsung, kemudian bisa juga melalui surat tertulis dalam menyampaikan aturan tersebut. Beberapa hal teknis yang perlu Anda perhatikan diantaranya adalah waktu atau lama penyewaan, metode pembayaran, yang saat ini banyak opsi kemudahan, pembatalan sewa, alur dan cara sewa denda apabila terjadi keterlambatan.

5. Cek Produk dengan Teliti

Poin ini berlaku ketika sedang ada penyewa, maka pastikan barang apa saja yang hendak dibawa. kemudian juga ketika pengembalian pastikan tidak ada yang berkurang, sama dengan ketika meminjam.

6. Pastikan Keamanan

Dalam dunia sewa, satu hal penting adalah terkait dengan jaminan yang akan diberikan, pastikan bahwa jaminan tersebut asli dan bernilai guna. Identitas resmi adalah salah satu contoh agar Anda merasa aman ketika meminjamkan suatu barang.

Hindari pemberian kartu identitas dengan wajah lain dengan penyewa, karena hal ini beresiko bukan orang asli yang menyewakan produk. Pun begitu jangan ambil resiko dengan penyerahan identitas dalam bentuk fotokopi.

7. Jangan Tidak Enakan

Salah satu penyakit pengusaha adalah rasa tidak enak ketika menghadapi pelanggan yang ternyata adalah teman dekat atau komunitasnya. Karena dengan penyebab ini, bisnis Anda akan setidaknya menjadi sedikit terganggu stabilitasnya.

8. Pilih Teknik Marketing yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa promosikan berbagai layanan dan produk Anda dengan marketing yang tepat. Paling sederhana adalah posting lokasi bisnis Anda di Google Maps agar lebih mudah ditemukan oleh banyak orang.

Teknik marketing yang baik adalah kunci. Sumber: unsplash.com
Teknik marketing yang baik adalah kunci. Sumber: unsplash.com

Anda juga bisa posting produk Anda di berbagai platform sosial media yang tepat sesuai dengan segmentasi tepat. Bisa juga menawarkan dengan website atau SEO yang bisa ditemukan di google. Bahkan Anda juga bisa menggunakan pendekatan marketing yang lebih soft seperti penggunaan aksesoris gelang lanyar sebagai hadian bagi pelanggan.

Beberapa strategi itulah yang bisa Anda pilih untuk promosikan jasa sewa perlengkapan wisata Anda. Dalam menjalankan bisnis tidak seharusnya Anda memahami semuanya sedari awal.

Karena yang paling tepat adalah dengan memulainya terlebih dahulu. Sambil berjalan Anda bisa terus belajar dan mengembangkan usaha jasa sewa perlengkapan wisata tersebut. Yuk ikuti terus website ini untuk dapatkan beragam artikel yang penuh manfaat dan menarik tentunya.