Tour guide merupakan sebuah pekerjaan yang cukup menarik. Alih-alih seperti sedang bekerja, Anda justru sedang mengobrol dengan orang lain tentang sebuah destinasi liburan. Tour guide bekerja untuk mendampingi, memberi informasi, dan membantu pengunjung mencukupi kebutuhannya sepanjang berada di sebuah kawasan wisata.

Namun, jangan kira hanya turis mancanegara saja yang memerlukan jasa seorang pemandu ini. Tak jarang, wisatawan domestik juga memerlukan jasa pemandu wisata. Biasanya permintaan datang dari rombongan liburan bis pariwisata.

Adapun tour guide sendiri, memiliki beberapa macam jenis pemanduan. Yang pertama adalah lokal guide yang bekerja mendampingi wisatawan dalam waktu yang ditentukan di suatu destinasi. Dan yang kedua dinamakan city guide, karena wilayah cakupan kerjanya adalah satu kota. Ia menemai wisatawan mengelilingi tempat wisata yang ada di satu kota.

Adapula yang disebut dengan inbound guide. Tugasnya ialah mendampingi turis mancanegara di kawasan wisata tempat si tourguide menetap. Jadi sebenarnya kebetulan saja. Ada juga istilah outbond guide, yakni mendampingi klien ke luar negeri. Yang terakhir ada domestic guide yang bertugas menemani turis didalam negeri.

Tips Jadi Tour Guide Profesional

Mungkin bagi Anda menjadi seorang pemandu wisata terdengar gampang. Cukup ikut pelatihan guide wisata atau hanya bermodal pandai bicara dan tahu seluk beluk destinasi. Namun pada umumnya, wisatawan akan menaruh kepercayaan pada pemandu wisata profesional berlisensi.

Jadi, sepenting apakah lisensi untuk seorang tour guide? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin menjadi tour guide profesional, pengetahuan dasar sebelum membahas 6 destinasi favorit untuk pekerjaan tour guide.

1. Pilih destinasi Yang Kamu Inginkan

Anda mungkin berpikir menjadi pemandu wisatawa bisa sangat fleksibel. Disewa di tempat ini dan itu. Padahal seorang pemandu, kadangkala perlu memulai karirnya dari satu destinasi terlebih dulu. Apalagi kepercayaan dari penyewa belum ada.

Maksimalkan menjadi pemandu wisata di tempat tertentu terlebih dahulu. Disamping itu, miliki terlebih dulu lisensi pemandu sebagai tanda kepercayaan dan rasa profesional.

Tiap destinasi atau daerah, memiliki lisensinya sendiri-sendiri. Seorang pemandu berlisensi untuk daerah Yogyakarta belum tentu bisa memandu turis dengan baik di daerah Bali.

Oleh karena itu, memutuskan destinasi awal untuk memulai karir menjadi guide wisata sangatlah penting. Pelajari destinasi tujuan dengan baik dan carilah lowongan kerja guide wisata di destinasi tersebut.

2. Antisipasi Lowongan Kerja Lain

Beberapa lowongan kerja memakai wawancara yang mewajibkan calon pekerja datang ke kantor. Begitupun nanti dengan lowongan kerja seorang guide. Tentu yang paling aman adalah mencari lowongan kerja guide wisata di daerah dekat tempat tinggal Anda.

Sehingga jika ada kemungkinan ditolak, Anda tidak perlu memusingkan effort besar yang dikeluarkan untuk datang ke kantor ketika wawancara. Selain itu, ada satu trik yang harus Anda lakukan jika gagal dalam lowongan kerja guide wisata. Anda harus mengantisipasi dengan melobi lowongan kerja lain.

Bisa tempat guide wisata lain atau pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan menjadi guide. Jika Anda berlokasi di Palembang misal, Anda bisa melobi lowongan kerja di dua tempat guide wisata Palembang ditambah juga di klinik gigi Palembang untuk jaga-jaga.

3. Pentingnya Pendidikan Tour Guide

6 Destinasi Favorit Untuk Pekerjaan Tour Guide
Ilustrasi menjadi seorang tourguide yang profesional. Sumber : ig/@mojtabaahamzeh

Guna menunjang kebutuhan informasi dan penguasaan langkah memandu, penting kiranya bagi seseorang yang ingin menjadi pemandu wisata untuk mengikuti pendidikan tour guide, baik itu dari perguruan tinggi atau lembaga pelatihan tour guide.

Kuasai destinasi yang sudah Anda targetkan, sejarahnya, filosofinya jika ada, dan budaya masyarakat yang ada disekitarnya. Pekerjaan mayoritas warga disekitar sini, kuliner khas yang wajib dicoba, sumber daya alam andalan daerah ini, bisa untuk obat, parfum alami, atau bahan baku masakan, dan banyak obrolan menarik lainnya.

Ditambah jika Anda memiliki informasi unik yang jarang dijumpai di internet, pasti turis akan menaruh rasa hormat dan percaya akan kompetensi Anda sebagai guide wisata.

4. Mempunyai Lisensi Tour Guide

6 Destinasi Favorit Untuk Pekerjaan Tour Guide
Ketika mendapatkan turis dengan beragam bahasa, seorang tourguide perlu keterampilan bahasa asing yang ditunjukkan dengan lisensi. Sumber : ig/@mojtabaahamzeh

Jika Anda sudah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan pariwisata, usahakan untuk selanjutnya mendapatkan lisensi pramuwisata yang legal dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi atas nama Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata. Fungsi lisensi untuk prospek kerja Anda kedepannya sangat krusial. Tanpa lisensi, Anda tidak diizinkan untuk memandu wisata.

Namun tidak perlu risau, beberapa tempat pelatihan guide pariwisata sudah satu paket dengan pemberian lisensi setelah pelatihan usai. Jadi, pintar-pintar lah mencari tempat pelatihan tour guide.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui apa saja kompetensi yang dipatok hingga seseorang layak mendapat lisensi pariwisata, berikut adalah poin-poinnya :

  • Pernah mengikuti program escorting yang di adakan agen perjalanan atau biro pariwisata
  • Usia minimal 18 Tahun (bisa berlainan di masing-masing provinsi)
  • Menguasai bahasa daerah (di destinasi daerah bekerja)
  • Paham dengan budaya daerah (di destinasi daerah bekerja)
  • Persyaratan lain sesuai dengan peraturan daerah masing-masing provinsi
  • Lisensi pramuwisata ini memiliki masa berlakunya sepanjang 3 tahun. Artinya Anda perlu mendaftar lagi setiap 3 tahun sekali.

6 Destinasi Favorit Untuk Pekerjaan Tour Guide

Sebenarnya masih menjadi pertanyaan untuk banyak orang, apakah pekerjaan pemandu wisata memiliki prospek yang bagus bahkan untuk jauh kedepannya. Jika mengintip dari penghasilan, pendapatan seorang tour guide bisa mencapai 500ribu / hari. Bahkan bagi guide expert, sehari bisa dibayar hingga jutaan rupiah.

6 Destinasi Favorit Untuk Pekerjaan Tour Guide
Ilustrasi untuk pekerjaan tourguide. Sumber : ig/@mojtabaahamzeh

Bisa dibayangkan bukan, bila melayani turis hanya 14 hari saja dalam sebulan, berapa rupiah yang akan didapatkan dalam jumlah paling minimal.

Yang perlu Anda ketahui, pertumbuhan wisata yang sedang digencarkan oleh pemerintah, terutama 10 destinasi prioritas yang diutamakan, tidak dibarengi dengan ketersediaan tour guide yang cukup. Sehingga hal ini menjadi masalah baru yang muncul.

Harusnya kenyataan ini mampu menjawab betapa besarnya prospek kerja tour guide bahkan untuk bertahun-tahun kedepan.

Nah, berikut adalah 6 destinasi favorit untuk pekerjaan tour guide.

1. Bangka Belitung, Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang adalah satu dari sekian banyak pantai dan destinasi lain di Bangka Belitung. Tanjung Kelayang jadi salah satu dari 10 destinasi prioritas pariwisata Indonesia. Banyaknya turis mancanegara yang tertarik untuk mengunjungi Bangka Belitung tidak sebanding dengan pemandu wisata profesional yang mampu berbahasa sesuai bahasa turis.

Tentu hal ini menjadi kesempatan emas bagi Anda yang hendak jadi pemandu wisata. Pemerintah siap memberikan fee yang menarik untuk para guide yang mau melayani turis di Bangka Belitung.

2. NTB, Mandalika

Setelah menarik banyak perhatian masyarakat global dengan dibukanya Sirkuit Mandalika, pemerintah mencoba memanfaatkan euforia ini dengan memaksimalkan pariwisata di Mandalika Nusa Tenggara Barat. Sayangnya, diperlukan lebih banyak pemandu pariwisata untuk para turis yang berdatangan.

Pariwisata di Lombok, khususnya di NTB sedang membutuhkan guide yang bisa menjelaskan budaya masyarakat lokal, destinasi-destinasi keren di Lombok, dan souvenir khas yang wajib jadi oleh-oleh.

Sejauh ini, kasus yang sering dijumpai adalah guide pariwisata ilegal yang memandu turis. Selama tidak adanya guide berlisensi yang sedia di Nusa Tenggara Barat, pemerintah tidak bisa berbuat banyak kepada guide ilegal tersebut.

3. Jogja, Borobudur

Jogjakarta menjadi destinasi yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan di luar negeri pun nama Borobudur sudah tidak asing lagi. Memang benar, Borobudur berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Namun paket tour selalu memberikan layanan wisata Jogjanya bersama dengan Borobudur.

Diperlukan banyak guide pariwisata di Jogja, jika Anda berdomisili di DIY atau Jawa Tengah, cobalah mencari lowonan kerja Tour Guide di Jogja.

4. DKI Jakarta, Kep. Seribu

Kepulauan Seribu masuk ke dalam Daerah Keistimewaan Indonesia dan menjadi satu dari sepuluh destinasi prioritas pariwisata Indonesia sama seperti tiga destinasi diatas. Memang benar, Kepulauan Seribu menawarkan panorama alam dan tempat berlibur yang menyenangkan, sudah sejak lama tempat tersebut dikunjungi para turis mancanegara.

Kendala yang dialami pengelola pariwisata disana adalah kurangnya guide yang mampu berbahasa asing. Bahasa asing yang menjadi masalah biasanya adalah Bahasa Arab dan Bahasa China. Bagi Anda warga DKI atau Jabodetabek yang berencana jadi tour guide, cobalah melobby lowongan kerja di sekitaran daerah Anda.

5. Maluku Utara, Pulau Morotai

Pulau Morotai baru saja menjadi daerah kabupaten sendiri. Ia adalah salah satu pulau paling utara dari Indonesia. Pulau Morotai Masuk kedalam Provinsi Maluku Utara. Diperlukan banyak guide pariwisata untuk destinasi prioritas pemerintah satu ini.

6. Jawa Timur, Bromo

Bromo menjadi salah satu destinasi yang biasa disatukan dengan Kawah Ijen dan beberapa destinasi lain di Jawa Timur dalam satu paket wisata. Bromo jadi destinasi yang banyak dikunjungi turis. Karena saking susahnya mencari guide, kadang turis terpaksa jalan-jalan sendiri dan kebingungan berkomunikasi dengan penyewaan jeep, atau pembelian tiket.

Kadang akhirnya turis asing tersebut ditolong oleh warga lokal. Tentu saja hal ini merepotkan dan sangat tidak baik untuk kualitas wisata Indonesia di mata turis mancanegara. Cobalah melobby lowongan kerja menjadi guide asing di layanan wisata Jawa Timur.

Nah, itulah 6 destinasi favorit untuk pekerjaan tour guide sesuai dengan program 10 destinasi prioritas pariwisata Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Silahkan kunjungi website kami untuk artikel informastif lainnya. Terimakasih.[]